Sosialisasi 4 Pilar, RKZ: Ulama Sebagai Perekat Keberagaman Bangsa

SumutMantap.com. Peran ulama dalam merekatkan masyarakat di negara ini sangat penting, karena ulama selain menguasai ilmu agama, mereka juga berdakwah dengan penuh keikhlasan, maka posisi ulama dapat disejajarkan dengan pemimpin negara.

Hal ini ditegaskan oleh Anggota DPR RI Komisi II, Rambe Kamarul Zaman (RKZ), pada saat kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, di Aula Rambe Center Labuhanbatu, Sumatera Utara, Senin (21/8/2016).

“Peran ulama tak bisa dilupakan, sejarah berdirinya negara Indonesia tidak lepas dari kontribusi mereka. Ulama sebagai simbol perekat dan pemersatu bangsa, khususnya di daerah,” kata Rambe.

Acara itu dibuka langsung oleh Ketua DPD Partai Golkar yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Kabupaten Labuhanbatu, Andi Suhaemi Dalimunthe, dan dihadiri sekitar 250 peserta.

Legislatif dari dapil Sumut II ini menjelaskan, Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara sudah final, para ulama, sambungnya, telah sepakat bahwa Pancasila sejalan dengan ajaran agama Islam.

“Syariat Islam tidak bertentangan dengan Pancasila, justru nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat digali dalam al-Quran. Jadi kalau ada kelompok Islam yang menentang Pancasila, saya kira itu tidak tepat,” tegas politisi partai Golkar ini.

Hadir juga pada kesempatan itu Satkar Ulama partai Golkar, Majelis Dakwah Islamiyyah (MDI) Golkar, serta perwakilan sejumlah tokoh masyarakat dan alim ulama Labuhanbatu. (rhr)