Ayyub Pulungan: Boleh Kerja di Sipirock Coffee Sambil Kuliah

SUMUTMANTAP.COM. Pemilik Cafe Sipirock Coffee, Ayyub Pulungan, menyampaikan sejumlah karyawannya sengaja diajak dari daerah Tapanuli Bagian Selatan (Tapsel), Sumatera Utara, untuk diajarkan mengenai makanan tradisional khususnya tentang kopi Sipirok.

Menurut Ayyub, seorang karyawan yang bekerja tidak masalah nyambi kuliah, karena, katanya, hal tersebut juga diajarkan kepada anggotanya di Sipirock Coffee.

“Anak-anak yang kerja di sini banyak juga yang dari sana, mereka sekolah SMA, keadaan ekonomi mereka kurang memungkinkan untuk masuk ke perguruan tinggi, saya bilang boleh kerja di sini sambil kuliah, sudah punya gaji tapi masih bisa kuliah,” kata Ayyub.

Dia menjelaskan, masyarakat Tabagsel saat ini kurang memahami makanan dan kopi khas daerah. Ayyub menegaskan, didirikannya Sipirock Coffee bertujuan untuk mentransformasikan arti akan tradisi, adat, dan warisan leluhur.

“Pemahaman orang kita terhadap sumber daya alam di sana kadang abai, kalau dia ke sini, kita jelaskan ke dia, kopi kita itu kopi yang paling unggul di dunia,” sambungnya.

Dengan demikian, tambah Ayyub, orang-orang yang diajak ke Jakarta untuk kerja di Sipirock Coffee, dapat mengerti akan kearifan lokal, serta memperdalam potensi dan skil mereka.

“Sehingga menambah pengetahuan kepada mereka, kasih kursus mengenai kopi, keterampilan bidang pengelolaan kopi,” tandasnya.

Diketahui, Cafe Sipirock Coffee berada di Ruko Galeri Niaga Kav. KN 8-1 No. 81, jalan Tb. Simatupang, Rt 3/Rw 2 Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan. (rhr)