Media berbasis online semakin menjamur dan masyarakat sudah lebih terbiasa untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat. Para pelaku media online semakin terdukung dengan adanya payung hukum, yaitu UU Nomor 40/1999 tentang Pers dan UU Nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Dalam hal ini, para pengelola media mendapat kebebasan dalam menyuarakan nilai-nilai demokrasi, serta memuat berita atau informasi, dan juga menghasilkan karya jurnalistik yang independen, dengan tetap memenuhi kode etik jurnalistik.

Kebebasan berekspresi di Indonesia turut mendukung perkembangan ini, sehingga masyarakat luas dapat lebih mudah mendapatkan informasi dari berbagai daerah, dari Aceh hingga Papua, tak terkecuali Sumatera Utara. Provinsi Sumut memiliki daerah yang luas, penduduk yang banyak, serta suku yang beragam, menjadikannya berbeda dengan provinsi lain, sehingga dalam menjalankan segala kebijakan, termasuk fungsi check and balance menjadi perhaitan tersendiri. Dalam hal ini, peran media dan masyarakat dituntut lebih pro aktif guna terciptanya kehidupan demokratis.

Berdasarkan hal-hal yang telah diuraikan tersebut, maka dengan semangat “Dari Sumut untuk Indonesai” kami menghadirkan media online SUMUT MANTAP (www.sumutmantap.com) sebagai bagian dari perkembangan informasi yang ada. SUMUT MANTAP akan mengabarkan berbagai informasi yang sifatnya mendidik dan ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.

SUMUT MANTAP didirikan di DKI Jakarta pada Jumat 15 April 2016, bertepatan dengan Hari Jadi Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara yang ke-68. SUMUT MANTAP didedikasikan oleh kaum muda dan mahasiswa asal Sumut yang berdomisili di Ibukota.

Redaksi Sumut Mantap
Pemimpin Umum: Ahmad Fauzi Syahputra Siregar
Pemimpin Redaksi: RA Natsir Tambak
Sekretaris: Machatir Much Dongoran
Redaktur Pelaksana: Raidong Habibi Rambe

Redaktur: M. Ribai Subhanda Lubis, Zulhamdi Bakri Tanjung, Fadlyka HS Harahap, Chairulsan Siregar, Riduan Dalimunthe, Iqbal Tanjung, Rahmad Kurnia Lubis

Reporter: Mora Syamsudin Harahap, Rahmad Lubis, Alim Sofyan Ritonga, Rahmad Parsaulian Siregar, Ahmad Riyadi Nasution, Zulsaddam Nasution, Dedy Haryono Siregar, Santi Herlina, Dedi Pranata Hasibuan, Ade Yuspida, Hamdan Husein Siregar

Keuangan: Wilda Istiana Nasution, Iga Adrikni Aduha

Biro Iklan & Marketing: Fahmi Azhary Siregar, Muhammad Izzul Hasibuan

Divisi IT: Sahbani Siregar, Ahman Deo Harahap

Penasihat Hukum: Riduan Dalimunthe, SH. MH